Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Wortel – Tanaman wortel ini memiliki banyak manfaat seperti mencegah penyakit kanker, mencegah penyakut jantung, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan mata dan masih banyak yang lainnya.  Selain kaya akan manfaat wortel juga memiliki banyak penggemar karena rasanya lezat baik dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

Cara menanam wortel sebenarnya sangat mudah, cuman ada beberapa hal penting yang harus anda pahami mulai dari syarat-syarat tumbuh tanaman wortel dan tahap-tahap penanam wortel dengan benar. Jika anda masih bingung mengenai hal penting sebelum melakukan penanam wortel jangan khawatir kami akan menjelaskan semua cara menanam wortel dibawah ini.

Oke disini kami akan menjelaskan beberapa syarat penting agar tanaman wortel dapat tumbuh secara maksimal dibawah ini.

  1. Tanah

Syarat tumbuh wortel yang utama adalah tanah, jenis tanah yang untuk tanaman wortel adalah andosol, alluvial dan latosol sering dijumpai pada daerah dataran tinggi namun bukan berarti tanaman wortel tidak bisa ditanam pada daerah dataran rendah.

Tingkat keasaman atau pH tanah yang cocok adalah 5,5-6,5 dan tingkat kemiringan tanah kurang dari 30% dianggap baik sedangkan pada daerah kemiringan lebih dari 30% dianggap tidak baik lalu ketinggian lokasi penanam yang cocok untuk tanaman wortel mencapai 1000-1500 dpl.

  1. Suhu

Syarat tumbuh wortel berikutnya adalah suhu, karena suhu memiliki fungsi untuk penunjang proses metabolisme, transpirasi, fotosintesis, penyerapan air. Tingkat suhu yang cocok untuk tanaman wortel adalah 15- 21 derajat Celcius, karena jika suhu didaerah budidaya wortel terlalu tinggi akan merusak kualitas umbi itu sendiri seperti umbi lebih pendek atau kecil.

  1. Curah hujan

Syarat penting berikutnya adalah curah hujan, jika jumlah air kurang akan menghambat proses pertumbuhan wortel sedang jika jumlah air berlebihan akan mengakibatkan wortel lebih mudah terserang penyakit.

Curah hujan yang cocok dan bagus untuk tanaman wortel adalah pada daerah iklim basah curah hujan 1-3 bulan musim kering dalam 1 tahun, pada musim agak basah 3-4 musim kering dalam setahun dan pada saat musim sangat basah curah hujan 0-1.5 musim kering dalam setahun.

  1. Kelembaban

Syarat tumbuh tanaman wortel berikutnya adalah tingkat kelembaban daerah, jika suatu daerah memiliki kelembaban tinggi akan menganggu proses pertumbuhan wortel seperti wortel lebih mudah terserang penyakit dan proses penyerapan CO2 terganggu sehingga fotosintesis tidak bisa dilakukan. Kelembaban yang cocok untuk tanaman wortel adalah berkisar 80-90 % jika lebih akan mengakibatkan beberapa masalah seperti diatas.

Baca Juga : cara Budidaya tanaman Wortel

Updated: Februari 1, 2019 — 2:04 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018