Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Resep Carrot Cake

Resep Carrot Cake – Pagi anda penyuka sayuran wortel, mungkin perpaduan antara kue dengan wortel dari resep kami kali ini bisa menjadi pilihan.

Cake yang mencampur bahan sayuran ini rasanya gurih dan enak, di samping itu tidak sulit membuatnya di rumah sendiri dengan nutrisi terkandung di dalamnya. Bagian dalam dari cake ini lembut, legit dan luarnya dilapisi dengan krim keju yang gurih dan manis.

Taburan almond di sekitarnya membuat cake ini makin tampil istimewa. Cocok untuk sajian saat Lebaran atau pada hari – hari tertentu seperti menyambut Natal dan ulang tahun anak – anak.

Baca : Pengertian Selat

Jika anda tertarik membuat di rumah, berikut ini kami berikan resep praktis membuat carrot cake seperti dessert khas Mediterania.

Bahan membuat carrot cake adalah :

  • 3 butir telur ayam kampung
  • 175 gram gula palem
  • 200 gram tepung terigu protein sedang dan diayak
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok teh bumbu spekuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml minyak sayur
  • 200 gram wortel parut dan sisihkan airnya
  • 250 gram kismis
  • 100 gram kenari cincang

Cara membuat carrot cake adalah :

Kocok telur dan gula palem hingga lembut. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, soda kue, baking powder, bumbu spekuk, dan garam. Aduk pelan dengan memakai spatula hingga rata dan kalis. Tambahkan minyak sayur, wortel, kismis, dan kenari cincang. Aduk – aduk hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi dengan mentega lalu dialasi dengan kertas roti. Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 45 menit. Angkat dan sajikan.

CARROT CAKE UNTUK PECINTA MAKANAN SEHAT

Carrot Cake atau Cake Wortel termasuk kue bersejarah di dataran Erofa sejak 1892, terutama di negara Swiss. Carrot Cake sering di sajikan dalam perayaan hari ulang tahun, pernikahan dan hari-hari besar kenegaraan. Sejarah mencatat, kue ini disajikan dan menjadi santapan George Washington di hari pembebasan New York dari penjajahan Inggris pada 25 November 1783 (British Evacuation Day).

Awal pemakaian wortel dalam pembuatan Carrot Cake adalah sebagai pengganti gula yang kala itu harganya sangat mahal. Sementara wortel banyak tersedia, dan memiliki zat pemanis yang jauh lebih banyak dibanding sayuran lainnya. Buah Bit, juga bisa di jadikan sebagai alternative pengganti gula. Namun wortel lebih di pilih karena mudah di dapat.

Di pertengahan abad 19 popularitas Carrot Cake pun mulai di kenal masyarakat Inggris Raya. Suasana perang dunia II tidak menyurutkan semangat masyarakat Inggris untuk membuat Carrot cake sebagai kudapan waktu luang. Sementara, di Amerika Serikat Carrot Cake baru dikenal dan mudah ditemukan di restoran dan kafe-kafe pada awal 1960-an. Meski setelah itu banyak jenis cake lain bermunculan dan menjadi tren, Carrot Cake masih bisa bersaing dan memiliki penggemar dan pangsa pasar tersendiri. Hingga akhirnya terpilih sebagai cake terfavorit di Inggris berdasarkan survei yang dilakukan majalah Radio Times pada tahun 2011 lalu.

Saat ini, Carrot Cake sudah dapat ditemui di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Variannya juga cukup banyak karena tidak sedikit yang memodifikasi cake tersebut dengan bahan baku lainnya. Carrot cake pun kembali populer beberapa tahun terakhir, terutama seiring maraknya tren makanan sehat. Wortel yang menjadi bahan baku utama Carrot Cake memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung banyak nutrisi, vitamin A dan beta karoten. Sayuran ini juga efektif menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus besar karena mengandung falcarinol dan falcarindiol yang memiliki sifat anti-kanker.

Maka, bagi sebagian orang yang peduli akan kesehatan, Carrot Cake menjadi kudapan pilihan. Cake ini memanfaatkan rasa manis dari wortel, sehingga dapat mengurangi jumlah gula yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya. Hanya saja, teksturnya agak lebih kasar dibandingkan cake biasa, karena adanya parutan wortel yang dimasukkan ke dalam adonan cake. Cake yang dihasilkan lebih lembab namun padat dengan rasa manis alami dari wortel yang juga membedakannya dengan cake lain.

Agar hasil Carrot Cake yang Anda pasarkan mendapat tempat di hati pelanggan, pastikan menggunakan bahan yang berkualitas. Untuk mendapatkan hasil cake yang lembut, gunakan FILMA Margarine. Sebab, FILMA Margarine dikembangkan secara khusus untuk para profesional di bidang bakery yang menitikberatkan pada kelembutan dan pengembangan adonan yang optimal. Ini juga untuk mengimbangi tekstur kasar dari parutan wortel di dalam adonan cake.

Berikut ini resep membuat Carrot Cake dari Master Baker PT SMART Tbk, Chef Koko Hidayat:

A. 100 gr FILMA Margarine
  325 gr Gula pasir + 4 bt telur
  1/2 sendok teh Vanila essence
     
B. 250 gr Terigu protein sedang
  5 gr Baking powder
  25 gr Susu bubuk fullcream
  50 gr Almond bubuk
     
C. 300 gr Wortel matang yang sudah diparut halus

Proses pembuatan Carrot Cake hampir sama dengan cake lainnya. Kocok bahan A sampai gula tercampur merata dan masukkan bahan B lalu kocok merata. Setelah itu, masukkan bahan C lalu aduk merata dan tuangkan adonan pada loyang persegi panjang ukuran 30 x 10 x 3 cm yang sudah dipoles FILMA Margarine dan dialasi kertas roti. Panggang adonan dengan panas oven 170 °C selama 40 menit. Setelah matang, tambahkan cream cheese sebagai topping maupun olesan untuk setiap lapisannya.

Carrot Cake cukup digemari oleh pecinta makanan sehat yang saat ini jumlahnya cukup banyak. Maka, jangan ragu untuk menambahkan cake ini di dalam etalase bakery Anda, Pakarians. Letakkan di tempat yang strategis agar warnanya yang cerah dapat menarik perhatian pengunjung. Berikan juga informasi yang cukup jelas kepada pengunjung tentang manfaat wortel yang ada di dalam Carrot Cake bagi kesehatan. Hal ini akan menambah daya tarik cake tersebut.

Baca Juga : Pengertian Identitas Nasional

Updated: April 30, 2019 — 8:28 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018