Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek

Proses Dan Jenis Penyerbukan Bunga Anggrek – Bunga anggrek merupakan jenis bunga yang unik, karena memilki berbagai macam warna dan juga memiliki berbagai macam jenis. Bunga Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae, bunga ini merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika.

Karena keindahan dan keunikan bunga anggrek ini banyak orang yang menjadikannya tanaman hias, maka tak heran jika budidaya anggrek lewat penyerbukan banyak ditemukan. Ditulisan kali ini kita akan membahas tentang penyerbukan bunga anggrek.

Penyerbukan adalah suatu  peristiwa alami jatuhnya serbuk sari yang menempel pada kepala putik sehingga terjadi proses pembuahan sempurna pada bunga dan melalui proses fotosintesis.

Sebelum melakukan penyerbukan kita harus megetahui apakah anggrek itu sudah siap untuk melakukan penyerbukan. Ada beberapa ciri-ciri bunga anggrek yang siap dilakukan penyerbukan, dan ciri itu adalah:

  • Kelopak bunga anggrek sudah mekar sempurna
  • Ada benang sari dan serbuk sari
  • Wangi khas anggrek sudah keluar.

 Jika ciri-ciri diatas sudah Anda dapati maka anggrek siap untuk melakukan pernyerbukan. Penyerbukan anggrek ini sangat mudah dan Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Cara melakukan penyebukan bunga anggrek ini ada dua cara:

1 . Penyerbukan Bunga Anggrek Dengan Bantuan Hewan

Bunga anggrek yang berada di alam  bisa dilakukan penyerbukan dengan bantuan hewan. Dan ada beberapa hewan yang bisa membantu penyerbukan bunga anggrek adalah lebah, burung dan kupu kupu.

Dan berikut caranya adalah sebagai berikut

  • Bunga anggrek yang siap untuk di serbuk
  • Giringlah lebah/kupu-kupu/burung untuk hinggap diatas bunga. Ketika hinggap di anggrek mereka akan membawa gula yang terdapat pada bagian bunga anggur. Namun gula yang mereka ambil dari bunga anggrek hanya memikat hewan polinator tersebut.
  • Selanjutnya lebah/burung/kupu kupu membawa serbuk sari ke anggota tubuhnya. Jika anda sering menjumpai lebah/burung/kupu kupu diselimuti serbuk pada bagian tubuhnya, bisa jadi kemungkinan adalah serbuk sari dari bunga anggrek
  • berakhir lebah/burung/kupu kupu akan hinggap ke bunga lainnya sehingga serbuk sari bunga anggrek bisa membuahi bunga lainnya.

2 . Penyebukan Bunga Anggrek Dengan Bantuan Manusia

Penyerbukan kedua adalah dengan bantuan manusia ada banyak cara

Bunga anggrek sendiri

  • siapkan bunga anggrek dan tusuk gigi
  • Ambil serbuk sari bunga anggrek dengan menggunakan tusuk gigi
  • Lalu masukkan ke bagian stigma bunga anggrek tersebut. Letakan di stigma, agar seruk sari bisa menempel Anda harus sangat hati-hati. Karena kebberadaan putik sebagai sel betina berada di bagian bawah stigma tersebut..

Penyerbukan anggrek tetangga

Penyerbukan bunga anggrek yang terjadi dengan bunga anggrek dalam satu tangkai yang sama. Jenis anggrek ini yang  seringkali diginakan  bunga anggrek yang berada dalam satu jenis tanaman yang sama. Penyerbukan bunga anggrek dengan cara ini biasanya digunakan pada jenis bunga anggrek yang berusia suda tua dan muda supaya bunga anggrek muda cepat mekar. Berikut caranya

  • Siap kan dua bunga anggrek yang sama dan warna yang sama
  • Ambil serbuk sari dengan menggunakan tusuk gigi dengan cara mencongkel bbagian organ kelamin jantan yang tertutup oleh labelum.
  • Lalu bersihkan organ jantan pada kedua bunga angrek yang kedua
  • Lalu simpan serbuk sari bunga anggrek yang pertama tadi ke bunga anggrek yang ke dua.

Penyerbukan anggrek silang

Cara penyerbukan ini paling banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak tanaman anggrek. Biasanya teknik penyerbukan ini untuk mendapatkan warna dan bentuk mahkota bunga anggrek yang berbeda. Bunga anggrek hasil penyerbukann keduanya akan menghasilkan anakan bunga anggrek yang unik dan beda lagi. Berikut ini proses penyerbukan bunga anggrek silang.

  • Siapkan dua bunga anggrek bereda yang akan dilakukan penyerbukan
  • Lalu ambil serbuk sari dengan menggunakan tusuk gigi. Caranya dengan mengkorek bagian dalam organ kelamin jantan.
  • Masukkan serbuk sari pada putik yang berbentuk sepertu tabung pada bunga yang kedua
  • Kemudian bunga anggrek layu dan muncul bakal buah dengan bentuk yang baru.

Semua cara penyerbukan diatas tidaklah mudah, faktor utama yang menunjang adalah bagian bunganya. Bunga anggrek yang digunakan penyerbukan haruslah sudah benar-benar mekar dan mengeluarkan wangi khas bunga itu. Selamat mencoba.

Updated: Februari 8, 2019 — 3:18 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018