Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Tulip

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Tulip – Selama ini perkembangbiakan melalui cara – cara vegetatif dianggap lebih unggul dibandingkan dengan perkembangbiakan dengan cara generatif. Biji – biji tanaman yang akan dikembangbiakkan menjadi sumber benih utama yang dianggap bagus untuk dijadikan media perbanyakan.

Siklus pertumbuhan termasuk cara perkembangannya dapat dihubungkan dengan bagaimana perbanyakan tumbuhan yang dimaksud dilakukan, dimana pada tumbuhan, penyerbukan merupakan fase terpenting dalam tujuan pengembangbiakan tanaman baik itu yang dilakukan dengan cara generatif dan vegetatif.

Kedua kegiatan tersebut erat kaitannya dengan sistem penyilangan sendiri atau antar tetangga karena cara – cara ini berhubungan secara langsung dengan faktor pewaris sifat daripada penyerbukan tanaman hias yang menyerupai pewarisan sifat pada Manusia.

Contohnya adalah penyerbukan pada Bunga Tulip sangat tergantung dari jenis – jenis Bunga Tulip itu sendiri yang akan anda pilih untuk ditanam.

Dikenal beberapa jenis Bunga Tulip dengan masa – masa berbunga membutuhkan waktu sedikit dan ada pula yang sangat lama. Maka dari itu keberhasilan penyerbukan dari Bunga Tulip sangat tergantung dari jenis Bunga Tulip itu sendiri.

Berikut ini kami berikan proses / cara penyerbukan Bunga Tulip disertai jenis – jenisnya agar sukses dalam menghasilkan ragam Bunga Tulip warna – warni seperti di daerah asalnya yaitu Belanda.

1. Penyerbukan Bunga Tulip Oleh Hewan

Siapkan bibit unggul dari Bunga Tulip yang akan anda jadikan media penyerbukan. Apabila bunganya masih berupa kuncup maka anda dapat melakukan penusukan dengan tusuk gigi pada bagian kuncup bunga dengan hati – hati agar gas di dalamnya bisa dengan mudah keluar. Tujuannya adalah agar Bunga Tulip mudah mekar. Perlakuan ini tidak untuk bunga yang sudah mekar.

Selanjutnya tinggal menunggu hewan – hewan ‘polinator’ akan mengunjungi Bunga Tulip yang dimaksud / tanaman yang sedang berbunga mekar.

Proses penyerbukan akan terjadi saat serbuk sari yang menempel pada tubuh hewan – hewan polinator tersebut berpindah ke bagian putik atau stigma tanaman yang lainnya. Terakhir adalah tahapan perkembangbiakan dari proses pertemuan serbuk sari dengan putik sehingga akan menghasilkan bakal buah.

2. Penyerbukan Bunga Tulip Oleh Angin

Dalam istilah ilmu Biologi dikenal dengan nama ‘Anemogami’ yaitu penyerbukan yang paling banyak dipilih diantara penyerbukan lainnya yang akan dilakukan. Saat kondisi angin agak kencang maka kegiatan penyerbukan lebih mudah dilakukan karena angin akan membawa terbang serbuk sari bunga menuju ke stigma bunga lainnya.

Berikut adalah tahapan lengkap dari penyerbukan yang terjadi karena angin.

Serbuk sari yang melekat pada Bunga Tulip akan dengan mudah berpindah ke tubuh dari hewan – hewan polinator. Pada waktu bersamaan, angin berhembus akan membantu terjadinya penyebaran serbuk sari di dalam mahkota Bunga Tulip. Apabila secara kebetulan serbuk sari akan jatuh pada Bunga Tulip dengan warna yang berbeda maka hasil yang didapat lebih indah dan menarik yaitu akan menghasilkan warna Bunga Tulip yang berbeda – beda, sedangkan serbuk sari yang melekat pada Bunga Tulip satu warna maka akan menghasilkan warna bunga yang sama.

3. Penyerbukan Bunga Tulip Oleh Manusia

Pada umumnya penyerbukan yang dilakukan oleh tenaga Manusia akan memberikan warna bunga yang beragam, maka dari itu saat ini banyak ahli Botani yang pandai melakukan / mengaplikasikan ‘rekayasa genetika’ melalui melakukan penyerbukan Bunga Tulip.

Saat ini pengaplikasian alat yang diperlukan untuk penyerbukan Bunga Tulip sangat mudah untuk dilakukan. Pertama – tama anda siapkan Bunga Tulip yang akan dijadikan sebagai media penyerbukan, yaitu penyedia antara serbuk sari dan putik. Kumpulkan serbuk sari dengan memakai kuas agar mudah menempel. Selanjutnya pindahkan pada bagian putik dari tanaman lainnya. Tunggu beberapa waktu lamanya hingga Bunga Tulip yang dimaksud terjadi proses pembuahan.

Nah sekian informasi singkat yang dapat kami berikan kepada para pembaca sehingga diharapkan dapat menyumbang manfaat tentang proses, cara, dan jenis penyerbukan Bunga Tulip hingga berhasil.

Updated: Januari 12, 2019 — 5:41 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018