Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Susunan Dan Sistem Tata Surya

Pengertian, Susunan Dan Sistem Tata Surya – Susunan dan sistem tata surya termasuk ke dalam salah satu bagian dari alam semesta yang memiliki luas sangat besar. Tata surya berlokasi di dalam salah satu galaksi yang berada di dalam ruang angkasa yaitu galaksi Bimasakti atau ‘Milky Way’.

Nama Bimasakti sendiri berasal dari salah seorang tokoh pewayangan yang dikenal sebagai orang kuat mempunyai kulit tubuh berwarna hitam.

Hal ini diberikan karena anggapan dari orang tua di jaman Jawa kuno dahulu bahwa gugusan bintang – bintang di langit sekilas pandang menyerupai gambar tokoh pewayangan Bima sedang dililit seekor ular naga berukuran sangat besar.

Sususnan atau sistem tata surya terdiri dari matahari, 4 planet luar dan 4 planet dalam, dikelilingi oleh gugusan asteroid dan pada bagian luar gugusan terdapat gugusan lain yang diberi nama ‘kuiper’.

Susunan Tata Surya

Seperti diketahui, yang dimaksud dengan objek langit adalah satelit – satelit alami, asteroid, meteor dan komet dimana masing – masing benda – benda ‘astronomi’ tersebut mempunyai susunan dan sistem tata surya sedemikian rapi hingga membentuk sebuah kesatuan dan menyebabkan terjadinya rangkaian sebuah proses terhadap sistem yang berjalan sangat teratur. Maka dari itu antara planet yang satu dengan planet lainnya tak terjadi kondisi buruk yaitu saling tabrakan.

Berikut di bawah ini kami berikan penjelasan tentang beragam benda – benda langit yang merupakan bagian dari anggota tata surya.

Gugusan Bintang Dalam Susunan Tata Surya

Yang dimaksud dengan gugusan bintang adalah salah satu dari anggota tata surya yang mempunyai sifat istimewa karena mampu memancarkan cahaya sendiri. Seperti diketahui tersebut di atas, dalam rangkaian proses sistem tata surya, terdapat banyak sekali bintang – bintang yang tak mampu untuk dihitung jumlahnya, dimana salah satu yang terbesar adalah matahari.

Baca Juga :

Matahari merupakan salah satu bintang yang bermanfaat besar bagi keberlangsungan kehidupan mahkluk hidup di bumi ini. Matahari berguna sebagai salah satu sumber cahaya / sumber panas yang berguna untuk suksesnya proses fotosintesis pada tumbuhan.

Updated: Desember 5, 2018 — 1:15 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018