Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Matahari dan Fungsi Matahari

Pengertian Matahari dan Fungsi Matahari – Pengertian dari matahari atau surya adalah gugusan bintang – bintang yang beredar mengelilingi pusat dari tata surya.

Mempunyai bentuk hampir bulat yang terdiri atas zat – zat berupa plasma panas bercampur dengan medan magnet. Memiliki diameter rata – rata kisaran 1.392.684 Km yaitu kisaran 109 kali diameter Bumi dengan massa mewakili jumlah sekitar 99,86 persen terhadap massa total tata surya secara garis besar.

Menurut sifat Kimiawi, ada sekitar tiga perempat massa matahari yang di dalamnya terdiri atas hidrogen sedangkan sisanya didominasi oleh helium yang setara sisa massa terdiri dari elemen – elemen berat seperti oksigen, besi, neon, dan karbon serta zat – zat lainnya.

Matahari dibentuk sekitar tahun 5 miliar yang lalu karena adanya rangkaian proses peluruhan gravitasi terhadap sebuah wilayah tertentu di dalam ruang awan yang bermolekul berukuran besar.

Di dalam ruang yang dimaksud juga berkumpul bahan – bahan materi yang terpusat di bagian tengah sedangkan sisanya berubah bentuk / memimpih menjadi bentuk cakram yang beredar secara berkesinambungan di masa depan dalam susunan tata surya.

Massa pusat semakin lama akan menjadi semakin padat namun bersuhu sangat panas dimana akhirnya akan memulai proses ‘fusi’ yang termonuklir pada bagian intinya.

Diduga bahwa sebagian besar gugusan bintang – bintang memiliki bentuk yang sama terhadap proses serupa yang terjadi. Berdasarkan atas kelas spektrumnya, klasifikasi bintang dan matahari merupakan sederetan planet utama berbentuk G / G2V yang juga dapat dikelompokkan sebagai kategori ‘katai kuning’ karena mampu menciptakan radiasi yang terlihat lebih intens dalam porsi sesuai dengan ‘spektrum kuning – merah’.

Meskipun warnanya putih, dari permukaan bumi, matahari terlihat berwarna kuning dikarenakan adanya proses pembauran cahaya biru di ruang atmosfer. Menurut label kelas ‘spektrum’, G2 menandakan adanya suhu pada area permukaan sekitar 5.778 K (5.505 derajat C) dan bentuk V yang menandakan bahwa matahari adalah seperti bintang – bintang lainnya merupakan gugusan bintang deret utama, sehingga sumber energinya dapat diciptakan oleh ‘fusi nuklir nukleos’ hidrogen ke dalam helium. Dalam inti matahari secara langsung akan memfusi sekitar 620 juta ton metrik hidrogen pada masing – masing detiknya.

Fungsi Dari Matahari

Diketahui ada beberapa fungsi matahari antara lain sebagai berikut :

  • Sebagai media dan sumber energi yang jumlahnya tak terbatas.
  • Sebagai media dan sumber pembangkit tenaga listrik matahari.
  • Sebagai media untuk mengatur peredaran tata surya di jagat raya.
  • Sebagai media untuk membantu terjadinya proses pengeringan.
  • Sebagai media untuk membantu terjadinya proses fotosintesis.
  • Sebagai media untukmemberikan bantuan terhadap kesehatan tulang.
  • Sebagai media untuk membantu manusia dapat beristirahat dengan sehat.
  • Sebagai media pereda rasa sakit.
  • Sebagai media untuk memberikan penerangan alami.
  • Sebagai media untuk membantu membakar lemak.
Updated: April 21, 2019 — 5:15 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018