Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Magnet Lunak Dan Magnet Keras

Pengertian Magnet Lunak Dan Magnet Keras – Pengertian magnet secara umum adalah sebuah objek yang memiliki suatu medan magnet.

Pengertian Magnet Lunak Dan Magnet Keras

Pengertian Magnet Lunak Dan Magnet Keras

Kata magnet atau magnit sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu ‘Magnitis Lithos’ yang mengandung makna adalah bebatuan bernama ‘Amgnesian Magnesia’ dimana Magnesia sendiri merupakan sebuah nama wilayah yang terletak di daerah Yunani dimana pada masa lalu hingga saat ini tetap diberi nama Kota Manisa / wilayah Magnesia yang merupakan daerah dimana menjadi pusat terbesar terkumpulnya batu – batu magnet yang sudah ditemukan dari sejak zaman dahulu kala. Di dalamnya mencakup medan magnet adalah suatu daerah yang dipengaruhi oleh magnet atau gaya magnet terbesar.

Sifat – sifat dari magnet yang paling menonjol adalah mampu menarik benda – benda tertentu yang kebetulan berada di sekitarnya, dimana beberapa benda justru sebaliknya yaitu bisa menarik lebih kuat dibandingkan dengan magnet itu sendiri seperti sebuah logam berat. Contoh materi lainnya yang menyerupai kondisi tersebut adalah besi dan baja. Namun tidak semua benda – benda logam bisa mempunyai daya tarik yang sama besar. Sedangkan contoh materi yang menyimpan daya rendah diantaranya adalah oksigen cair.

1. Pengertian Dari Magnet Lunak

Pengertian dari magnet lunak adalah salah satu jenis magnet yang tersusun berdasarkan atas bahan – bahan yang mudah untuk dibuat namun setelah menjadi magnet maka sifat kemagnetannya tidak mampu bertahan lama. Beberapa contoh yang umum adalah besi.

Magnet lunak adalah suatu bahan yang sangat mudah untuk didapat dan dibuat / dibentuk tetapi memiliki sifat kemagnetan yang kurang bertahan lama.

2. Pengertian Dari Magnet Keras

Yang dimaksud dengan magnet keras adalah sejenis magnet yang bisa dibuat dari bahan – bahan pembuat magnet yang agak susah untuk ditemukan atau dikumpulkan namun apabila sudah selesai diproses menjadi magnet maka sifat kemagnetannya akan mampu bertahan lama. Contohnya adalah magnet keras diantaranya berupa baja dan kobalt.

Yang perlu untuk mendapat perhatian khusus terkait dengan sifat magnet adalah magnet selalu menyimpan dua kutub yang saling berlawanan yaitu kutub utara dan kutub selatan, meskipun pada saatnya nanti magnet berukuran besar dapat dipotong – potong menjadi magnet kecil yang masih tetap mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Di dalam rangkaian proses tentang pembuatan sebuah magnet, rata – rata berasal dari sekumpulan materi yang mempunyai sebuah medan magnet di dalamnya dimana materi yang dimaksud adalah harus dalam bentuk magnet tetap maupun magnet tidak tetap.

Di samping itu, magnet sangat dibutuhkan oleh manusia di dalam kehidupan mereka sehari – hari dimana bisa dilihat di dalam rumah yaitu ruang keluarga, masing – masing kamar tidur, dapur, atau untuk perlengkapan permainan anak – anak, perlengkapan sekolah atau kantor dan lain sebagainya tidak dapat lepas dari kegunaan magnet bagi kehidupan manusia, contoh lainnya adalah sebagai bahan untuk membuat ‘speaker’ / alat pengeras suara, sebagai pelengkap pada bagian ujung ‘obeng’ yang berfungsi untuk mempermudah mengambil skrup, dllnya.

Demikianlah pembahasan kami kali ini tentang pengertian magnet lunak dan magnet keras, semoga ulasan yang berhubungan dengan Ilmu Fisika Dasar untuk SMP tersebut di atas bermanfaat bagi para siswa / wi tentang betapa pentingnya pemahaman dan pengenalan magnet terkait dengan kehidupan sehari – hari di sekitar anda.

Updated: April 12, 2019 — 7:13 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018