Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Jenis Dan Komponen Semiotika

Pengertian, Jenis Dan Komponen Semiotika – Apakah yang dimaksud dengan Semiotika ?

Pengertian Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dengan mengaplikasikan metode analisis guna mengkaji tanda – tanda yang mencakup terhadap sebuah objek untuk dimengerti terhadap makna yang terkandung di dalam objek yang bersangkutan. Tanda – tanda yang dimaksud dalam hal ini adalah sebuah hubungan diantara suatu objek atau ide terhadap sesuatu tanda yang akan / sudah terjadi.

Semiotika berasal dari Bahasa Inggris yaitu dari suku kata ‘semiotics’ atau ‘semiology’ yang keduanya mengandung arti sama yaitu sebagai salah satu ilmu pengetahuan tentang tanda. Baik itu semiotics atau semiology sama – sama merujuk kepada Bahasa Yunani yaitu ‘semeion’ yang berarti tanda. Secara terminologis, Semiotik didefinisikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang mengkhusus mempelajari tentang sederetan ukuran luas terhadap objek – objek yang berkaitan dengan peristiwa – peristiwa dari keseluruhan kebudayaan sebagai sebuah tanda (Sobur, 2001).

Nah berikut ini kami berikan beberapa pengertian tentang Semiotik yang diambil dari beberapa sumber berita antara lain :

  1. Menurut pendapat dari A. Teeuw (dalam Danesi, 2010 : 3), yang dimaksud dengan Ilmu Semiotika adalah salah satu model ilmu – ilmu yang terkait dengan bidang sastra dimana di dalamnya mempertanggung – jawabkan tentang masing – masing faktor dan aspek ‘hakiki’ guna melakukan pemahaman tentang gejala – gejala sastra sebagai salah satu alat / media komunikasi yang khas berlaku dalam masyarakat bersangkutan.
  2. Menurut Zoest (dalam Pilliang, 1999 : 12), yang dimaksud dengan Ilmu Semiotika adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang tanda – tanda, fungsi daripada tanda, dan produksi berhubungan dengan makna dari tanda – tanda yang bersangkutan.
  3. Sedangkan menurut Sobur (2006 : 15), Ilmu Semiotika adalah ilmu atau metode analisis yang khusus mengkaji tentang tanda.

Sebagai tambahan informasi terkait dengan Ilmu Semiotika tersebut di atas, menurut Hoed (dalam Sobur, 2006 : 15), dikenal ada 2 jenis kajian terhadap Ilmu Semiotika adalah sebagai berikut : Semiotika Komunikasi dan Semiotika Signifikasi.

Sedangkan menurut Pateda (2001 : 29), terdapat 9 jenis Ilmu Semiotika antara lain sebagai berikut : Semiotik Analitik, Semiotik Deskriptif, Semiotik Faunal / Zoo Semiotik, Semiotik Kultural, Semiotik Naratif, Semiotik Natural, Semiotik Normatif, Semiotik Sosial, dan Semiotik Struktural.

Komponen – Komponen Dasar Semiotika

Komponen dasar dari Semiotika terdiri dari sebagai berikut (Danesi, 2010 : 4) :

1. Tanda

Yang dimaksud dengan Tanda adalah salah satu bagian dari Ilmu Semiotika yang khusus menandai tentang sesuatu hal atau sebuah kondisi guna menerangkan atau memberitahukan tentang objek tertentu kepada subjek yang bersangkutan.

2. Lambang

Lambang merupakan hal atau keadaan yang menjadi pemimpin atau tanda untuk memahami kondisi subjek kepada objek – objek tertentu.

3. Isyarat

Yang dimaksud dengan Isyarat adalah sesuatu hal atau kondisi tertentu yang diberikan oleh subjek – subjek tertentu kepada objek yang bersangkutan.

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian, jenis dan komponen Semiotika, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Updated: Februari 20, 2019 — 4:55 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018