Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Ideologi Politik

Pengertian Ideologi Politik – Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan – gagasan yang dibuat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pengertian Ideologi Politik

Pengertian Ideologi Politik

Sedangkan ideologi politik adalah bagian dari ide, prinsip, doktrin, mitologi atau simbol dari gerakan sosial, institusi, kelas, atau grup besar yang memiliki tujuan politik dan budaya yang sama. Ideologi politik umumnya mengenai dirinya sendiri dengan bagaimana mengatur kekuasaan, serta apa yang seharusnya dilakukan atau dilaksanakan.

Istilah ideologi biasanya dilekatkan dengan aspek politik pemerintahan atau gerakan politik suatu negara. Contohnya di Indonesia sendiri Pancasila diakui sebagai ideologi negara. Pancasila menjadi cara pandang bangsa Indonesia, baik terhadap diri, lingkungan, negara maupun dunia.

Contoh ideologi – ideologi adalah: kapitalisme, anarkisme, komunisme, konservatisme, komunitarianisme, neoliberalisme, demokrasi kristen, monarkisme, fasisme, nasionalisme, liberalisme, sosialisme, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah penjelasan beberapa contoh ideologi :

  1. Liberalisme

Liberalisme berasal dari kata liberalis yang berarti bebas. Kebebasan sudah muncul sejak manusia lahir ke dunia, sebab pada hakikatnya manusia sering mencari atau menciptakan kebebasan bagi dirinya sendiri. Bentuk kebebasan dalam politik zaman dahulu merupakan penerapan demokrasi di Athena dan Roma. Namun, adanya liberalisme sebagai paham mulai muncul pada akhir abad 17.

  1. Kapitalisme

Kapitalisme berasal dari kata kapital yang berarti modal. Arti kapitalisme sendiri ialah ideologi dimana kekuaasaan ada di tangan kapital atau pemilik modal. Menurut pandangan kapitalisme, setiap individu bukan bagian dari masyarakat, tetapi pihak yang harus berjuang untuk kepentingan sendiri. Dalam perjuangan tersebut, faktor penentunya adalah produksi.

Thomas Hobbes berpendapat bahwa setiap orang secara alamiah akan mencari pemenuhan kebutuhan bagi dirinya sendiri. Jhon Locke memiliki pendapat bahwa setiap manusia itu memiliki hak personal.

  1. Sosialisme

Sosialisme adalah paham yang memiliki tujuan sebagai bentuk mengubah masyarakat menjadi perangkat produksi menjadi milik bersama, serta pembagian hasil secara merata disamping pembagian lahan kerja dan bahan konsumsi secara keseluruhan. Dalam sosialisme, setiap individu harus dapat berusaha sendiri untuk mendapatkan layanan yang layak untuk kebahagiaan bersama, sebab pada hakikatnya, manusia hidup bukan hanya untuk bebas, namun juga saling tolong menolong.

Updated: April 18, 2019 — 1:16 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018