Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi – Pengertian Globalisasi berasal dari bahasa asing yaitu Globalization. Dan pengertian dari global  adalah universal dan lization adalah proses. Jadi berdasarkan asal-usul kata nya globalisasi yaitu proses peyebaran hal-hal baru baik berupa pemikiran, gaya hidup, informasi, ekonomi maupun teknologi dengan tanpa dibatasi batas negara.

Globalisasi ini timbul di karenakan semakin berkembangnya jaman dan merupakan salah satu konsep yang diusung dari negara-negara adikuasa atau bisa juga dikatakan sebagai kapitalis dalam bentuk yang paling mutahir.

Banyak para ahli yang mendefinisikan globalisasi, dan untuk lebih jelasnya  kita akan melihat definisi globalisasi dari sebagian para ahli, seagai referensi untuk Anda.

Definisi globalisasi dari para ahli

  1. Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang memiliki akibat karena pembatasan geografisa pada kondisi sosial budaya sudah tidak atau kurang penting lagi dan tidak menjadi dalam kesadaran orang, Malcom Waters.
  2. Globalisasi adalah intensifikasi hubungan masyarakat di seluruh dunia yang mengaitkan seluruh daerah sehingga kejadian lokal dapat terbentuk dari peristiwa yang terjadi bermil-mil jaraknya dan sebaliknya, Anthony Giddens.
  3. Globalisasi adalah suatu proses untuk menjadikan benda atau perilaku sebagai penanda atau ciri-ciri dan setiap individu dalam dunia ini tanpa dibatasi oleh suatu wilayah, Achmad Suparman.
  4. Globalisasi mempunyai dimensi teknologi dan ideologi. Dalam dimensi teknologi berupa teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia, dan Dimensi Ideologi berupa pasar bebas dan kapitalisme, Thomas L. Friedman.

Pengertian juga mempunyai pemahan yang berbeda-beda dari berbagai disiplin ilmu. Dan dikarenakan saya anak ekonomi saya akan mencoba memberi arti globalisasi dari sudut pandang ekonomi.

Globalisasi dari segi ekonomi

Globalisasi dapat diartikan sebagai tidak adanya batasan atau hambatan dalam perdagangan dengan negara-negara lain, baik dalam hal produksi, investasi, dan perdagangan. Globalisasi juga dapat brarti strategi bisnis dengan melakukan apapun dan dimanapun tanpa ada batasan.

Globalisasi juga merupakan hubungan kepentingan yang saling tumpang tindih antra bisnis dan masyarakat. Secara lebih luas dapat dikatakan bahwa globalisasi merupakan hubungan antara perusahaan pada perbagai negara  baik secara langsung maupun tidak langsung melalui berbagai media.

Globalisasi tak lepas dari lingkup perdangan bebas antar negara. Dan globalisasi tersebut menunjukkan adanya pergeseran kearah perekonomian dunia yang terintegrasi dan adanya saling ketergantungan.

Baca Juga : Pengertian Ekologi

Updated: Januari 24, 2019 — 3:11 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018