Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Struktur Biografi

Pengertian dan Struktur Biografi – Dunia diisi oleh insan-insan yang sepanjang usianya dipenuhi dengan kisah-kisah heroik tentang kehidupan. Insan-insan ini, akan terus dikenang sepanjang masa diakibatkan oleh kesudian dan kepedulian masyarakat untuk mengangkat profil si pahlawan secara lengkap yang disebut dengan istilah biografi.

Tanpa adanya biografi, kisah-kisah heroik masa lalu akan sirna. Pergerakan pejuang akan musnah. Yang tersisa hanyalah cerita-cerita yang tidak dipungkiri akan ditafsirkan sebagai kisah fiksi bahkan mitos oleh orang di masa kini.

Maka dari itu, masyarakat saat ini, harus piawai membuat tulisan teks biografi sehingga kisah-kisah heroik beserta tokohnya tetap dikenang sepanjang masa. Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian biografi yang kami lengkapi dengan struktur penulisannya.

Pengertian dan Struktur Biografi

Pengertian biografi adalah kisah perjalanan seorang tokoh yang di dalamnya berisi nilai-nilai positif dan spirit yang diharapkan mampu dijadikan teladan oleh masyarakat pembaca.

Teks biografi berbeda dengan teks autobiografi. Teks biografi biasanya dibuat oleh orang lain semata untuk menghargai perjuangan dan semangat berkehidupan seorang tokoh. Sedangkan teks autobiografi biasanya dibuat oleh si tokoh itu sendiri.

Biografi maupun autobiografi, yang tidak boleh dilupakan dalam penulisannya yaitu penulisan biodata tokoh yang lengkap dan valid. Semakin lengkap dan valid biodata, maka teks biografi dan teks autobiografi tersebut lebih terpercaya.

Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi dibagi menjadi tiga bagian yaitu Orientasi, peristiwa dan masalah serta yang terakhir adalah Reorientasi. Ini penjelasan ketiganya.

  1. Orientasi

Orientasi adalah teks pembuka yang berisi pengenalan singkat tentang tokoh yang akan diulas di dalam isi teks.

  1. Peristiwa dan Masalah

Di tahap ini, penulis mulai menceritakan tentang peristiwa yang dialami oleh tokoh baik peristiwa yang menyenangkan lebih-lebih peristiwa buruk yang justru membuat si tokoh mengalami kesuksesan-kesuksesan.

  1. Reorientasi

Reorientasi adalah teks penutup yang berisi tentang argumen penulis tentang tokoh yang telah dijelaskan dalam biografinya. Struktur ini berlaku opsional artinya anda menuliskan ataupun tidak, tidaklah menjadi masalah.

Itulah pengertian dan struktur biografi yang bisa anda jadikan sebagai dasar study awal sebelum menulis teks yang dimaksud. Dengan digunakannya struktur di atas secara benar, niscaya tulisan anda akan menjadi biografi yang sebenar biografi.

Updated: Maret 26, 2019 — 3:51 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018