Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

PENGERTIAN DAN PROSES RNA

PENGERTIAN DAN PROSES RNA – Jika kalian pernah mempelajari tentang DNA sebelumnya, maka pada kesempatan kali ini kalian perlu lebih mengenal kerabat kerjanya, yaitu Asam Ribonukleat atau yang biasa disebut dengan dengan RNA.

Kinerja DNA ini sangat dipengaruhi oleh RNA, karena dengan adanya RNA maka kode kode yang tersedia dalam DNA akan diterjemahkan olehnya. Dalam artikel ini akan membahas mengenai pengertian dan proses RNA yang perlu kalian ketahui:

Pengertian RNA

Pengertian RNA merupakan asam nukleat dengan rantai tunggal yang melipat kedirinya sendiri, dimana menonukleotida merupakan unit-unit pembangunnya.

Lokasi dari RNA ini biasanya berada dalam sitoplasma, khususnya pada ribosom. Kedudukan RNA ini polimer dan jauh lebih pendek dibandingkan dengan DNA, karena RNA ini merupakan hasil dari traskripsi dari suatu fragmen DNA.

Kedudukan dari RNA ini cukup istimewa, walaupun tidak ada protein apapun dari DNA, maka beberapa fungsi dari RNA masih tetap bisa berjalan. Padahal sebaliknya, DNA tidak akan bisa bekerja tanpa dibantu oleh RNA.

Proses RNA

Dalam proses pembentukannya, RNA dibantu oleh enzim yang berupa RNA polymerase (RNAp). Proses ini terdiri dari 2 tahap yaitu:

Transkripsi, DNA digunakan sebagai disistesis RNA Dalam proses ini terdapat 3 tahap yaitu:

  1. Inisiasi -> enzim RNA polymerase dapat menyalin gen, akibatnya RNAp terjadi pengikatan dengan promoter yang akan memberikan inisiasi transkripsi. Kemudian RNAp akan membuka double helix DNA sebagai cetakan rantai sense.
  2. Elongasi -> pada tahap ini, RNAp bergerak sepanjang rantai ganda dari DNA, kemudian ia membuka double helix dan merangkai ribonukleotida ke ujung 3’ ribonukleotida yang sedang tumbuh. Akibatnya, hasil rekaman yang di dapatkan yaitu rantai RNA yang mengandung urutan basa nitrogen pertama. Suatu senyawa kimia yang berperan sebagai penutup dalam memberikan sinyal inisiasi tahap translasi dan mencegah terjadinya degradasi RNA, akan berikatan dengan ujung 5’RNA, apabila hasil perekaman sebanyak 30 buah telah dicapai.
  3. Terminasi -> proses ini terjadi ketika proses perekaman dan molekul DNA baru terpisah dari DNA template telah berhenti.
  • Translasi, pada tahap ini protein terbentuk karena penerjemahan beberapa triplet atau kodon dari mRNA menjadi asam amino yang menghasilkan rantai polipeptida spesifik hingga terbentuklah protein yang spesifik pula. Proses translasi ini dapat berupa:

Inisiasi -> pada awalnya terdapat pengenalan kodon AUG pada bagian akhir mRNA yang disebut kodon start. Kodong AUG ini akan mengkode pembentukan dari metionin. Kemudian metionin tersebut dibawa oleh tRNA agar bergabung melalui pembentukan ikatan pada subunit besar ribosom, alhasil terbentuklah ribosom yang lengkap. perlu kita ketahui bahwa molekul tRNA pertama yang terikat pada ribosom akan menempati tempat khusus, dimana sisi P (Polipeptida) akan terbentuk rantai yang disebut dengan istilah polipeptida. Kemudia untuk tRNA berikutnya akan berikatan dengan kodon kedua dan juga akan menempati ribosom pada sisi A (Asam amino).

  1. Elongasi -> pada tiap kodon ke kodon, asam amino telah diaktifkan oleh tRNA. Sehingga menghasilkan asam amino yang baru satu per satu. Akibat dari asam amino yang terus bertambah, dalam proses ini membuat rantai polipeptida tumbuh semakin panjang.
  2. Terminasi -> pada tahap ini, proses translasi terhenti karena terdapat pertemuan antara antikodon yang dibawa oleh tRNA dengan UAA, UAG, atau UGA. Sehingga rantai polipeptida yang terbentuk dari ribosom terlepas dan diolah sedemikian rupa menjadi protein fungsional.

Baca Juga :

Demikianlah artikel mengenai pengertian dan proses RNA yang perlu kita ketahui, semoga apa yang telah kita pahami ini dapat berguna dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Updated: Januari 30, 2019 — 1:27 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018