Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Jenis – Jenis Gelombang

Pengertian dan Jenis – Jenis Gelombang – Selamat malam , jadi kali ini kita akan membahas mengenai pengertian serta jenis – jenis dari gelombang , mungkin sering kali kita mendengar terkait kata gelombang namun kita tidak mengetahui arti sebenarnya dari kata tersebut , maka dari itu mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian dan Jenis – Jenis Gelombang

Pengertian dan Jenis – Jenis Gelombang

Pengertian Gelombang

Pengertian gelombang adalah getaran , dan getaran itu bergerak dari satu tempat menuju tempat lainnya , dengan menggunakan media tertentu , atau bahkan gelombang bisa bergerak tanpa melalui media seperti di ruang hampa , jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa gelombang itu adalah getaran yang bisa berulang dan bisa merambat melalui media tertentu bahkan tanpa media sekalipun.

Dan gelombang juga terdapat pada medium karena adanya perubahan bentuk yang menimbulkan sebuah gaya pegas dimana dapat berjalan atau juga dapat memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat yang lainnya tanpa membuat partikel medium berpindah secara permanen.

Jenis Jenis Gelombang

  • Gelombang Transversal

Dimana gelombang ini memiliki arah getaran tegak lurus terhadap arah perambatan , contoh dari gelombang transversal ini adalah jika anda menjumpai gelombang air dilautan ataupun gelombang tali , dikarenakan arah getarannya tegak lurus dengan arah dari getaran maka bentuk dari gelombang ini seperti gunung dan juga lembah yang berurutan . beberapa istilah dalam gelombang transversal seperti , puncak gelombang , dasar gelombang , bukit gelombang , panjang gelombang , amplitudo , periode.;

  • Gelombang Longitudinal

Gelombang yang getarannya memiliki arah sama dengan arah perambatannya , dan di gelombang longitudinal ini , gerakan dari medium gelombang searah dengan propagasi gelombang , gelombang bunyi itu adalah salah satu contoh dari gelombang longitudinal , di gelombang bunti yang menjadi medium perantaranya adalah udara , medium tersebut secara bergantian akan merapat dan juga merenggang karena adanya pergeseran getaran atau bnerpindah tempat . beberapa istilah dalam gelombang longitudinal seperti , rapatan , renggangan , panjang 1 gelombang.

Nah dan itulah artikel kita kali ini , semoga bisa membantu dan bermanfaat , sekian dan terimakasih.

Updated: April 1, 2019 — 2:22 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018