Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian  Dan Fungsi Peta

Pengertian  Dan Fungsi Peta – Istilah Peta pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat luas yaitu yang berasal dari Bahasa Inggris adalah Map.

Sedangkan suku kata Map yang berasal dari Yunani adalah dalam Bahasa  Yunani yaitu ‘mappa’ yang berarti selembar taplak atau kain penutup meja.

Namun pengertian peta secara umum dapat kami bantu dengan memberikan penjelasan tentang pengerti Peta adalah selembar gambaran secara keseluruhan atau sebagian permukaan bumi yang terletak pada bidang datar yang ukurannya diperkecil dengan memanfaatkan ukuran skala tertntu dengan dibantu oleh ilmu yang mempelajari tentang Peta tersebut adalah disebut dengan istilah  ‘kartografi’.

Pengetahuan tentang Peta sudah lama sekali dikenal oleh manusia yaitu sejak sebelum masehi. Tercatat dan hingga saat ini masih tersimpan rapi di museum bersangkutan adalah benda – benda bersejarah yang berhubungan dengan cara / proses pembuatan peta adalah sebagai berikut : mempersiapkan media berupa lempengan tanah liat peninggalan unik dan eksotik dari Bangsa Babilonia, Mesir, dan Cina. Benda – benda ini sekarang bisa disaksikan di koleksi Museum Semit Haevad, Amerika Serikat.

Sekarang ini orang awam sudah bisa menggambarkan titik – titik letak suatu tempat dengan gambar yang lebih baik, antara lain dengan melakukan perbandingan antara keadaan sebenarnya dan gambar yang dibuat. Perbandingan itu disebut skala. Contohnya adalah untuk dapat melukiskan tentang titik – titik jalan yang panjangnya 10 km cukup digambar sepanjang 10 cm. Maka dari itu, skala merupakan komponen yang sangat penting dalam penggambaran peta.

Fungsi Peta

  1. Sebagai media untuk menunjukkan posisi atau sebuah lokasi dalam suatu wilayah di area permukaan bumi.
  2. Sebagai media untuk menggambarkan tentang bentuk dan wilayah persebaran berbagai gejala yang muncul di permukaan Bumi.
  3. Untuk menggambarkan kondisi fisik serta kondisi sosial yang terjadi dalam suatu wilayah.
  4. Peta bermanfaat untuk menggambarkan beragam gejala – gejala yang muncul pada permukaan Bumi. Maka dari itu untuk mampu menguasai ilmu Peta maka ada baiknya seseorang hendaknya mempunyai beragam macam pengetahuan lainnya yang mendukung meskipun yang diminta adalah bersifat umum saja.
  5. Selain memfokus pikiran kepada bidang – bidang Geografi, ada banyak instansi pemerintah dan swasta saat ini membutuhkan Peta. Contohnya adalah pada bidang militer Peta memegang peranan penting untuk menggambarkan keadaan terhadap suatu wilayah. Pada bidang militer yang dimaksud, Peta digunakan untuk merencanakan strategi perang antara lain gerakan pasukan, merencanakan strategi perang, antara lain gerakan – gerakn pasukan, pengintaian, penyerangan, merencanakan strategis perang, antara lain mencakup gerakan pasukan, pengintaian, penyerangan, pertahanan, dan tempat perbekalan.

Sekedar berbagi informasi, Peta di Indonesia terbagi ke dalam 2 jenis adalah Peta Umum dan Peta Khusus.

Berdasarkan atas skala Peta maka bisa dibedakan menjadi 3 bagian yaitu Peta skala besar, sedang dan kecil.

  • Peta skala besar merupakan Peta yang memiliki skala kurang dari 1 : 10.000. Peta jenis ini dibuat dengan mengaplikasikan skala besar dalam menyajikan gambar dengan ukuran – ukuran yang besar sehingga data – data yang ditampilkan menjadi lebih rinci. Contohnya adalah peta – peta yang terkait dengan kepemilikan tanah. Contohnya, peta-peta yang berhubungan dengan kepemilikan tanah.
  • Peta skala sedang adalah peta yang memiliki skala antara 1 : 10.000 dan 1 : 250.000, Peta ini khusus dibuat dengan mengusung tema skala sedang menyajikan gambar ke dalam  ukuran – ukuran terlihat agak rumit. Contohnya adalah Peta Topografi.
  • Pada Peta skala kecil ini adalah Peta yang skalanya berukuran sebagai berikut : 1 : 250.000. Peta yang dibuat dengan skala kecil menyajikan gambar dalam ukuran kecil sehingga data yang ditampilkan lebih sederhana. Contohnya, Peta Indonesia.

Komponen peta

Peta adalah merupakan sebuah alat bantu dalam Ilmu Gegografi. Dimana sebuah peta idealnya harus bisa dibaca dan digunakan dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, dalam pembuatannya wajib dilengkapi dengan komponen – komponen tertentu antara lain sebagai berikut :

  • Wajib ada judul Peta.
  • Wajib menyertakan mata angin / petunjuk arah.
  • Menyertakan skala Peta.
  • Sebagai symbol.
  • Legenda sebagai kata kunci untuk memudahkan membaca peta.
  • Garis Astronomis.
  • Garis Tepi.
  • Sumber Peta.
  • Tahun pembuatan.

Dengan diberikannya materi tentang pengertian dan fungsi peta, disertai informasi pendukung lainnya maka diharapkan bisa membantu untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan kepada para pembaca,

Updated: Februari 11, 2019 — 2:29 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018