Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Fase Fase Meiosis

Pengertian dan Fase Fase Meiosis – Selamat malam , kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari meiosis beserta fase fasenya , mungkin banyak dari kita belum mengetahui apa itu meiosis , apalagi buat anak yang lulusan IPS , maka dari itu tujuan adanya artikel ini agar kita bisa tau bersama-sama .

Jadi pengertian meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan sel anakan dengan jumlah kromosom setengah jumlah kromosom sel induk , pembelahan ini sangat penting bagi organisme yang berkembang biak secara seksual yaitu dalam proses pembentukan gamet atau gametogenesis.

Pengertian pembelahan meiosis adalah proses pembelahan bersifat reduksi yang tujuannya untuk menghasilkan gamet , pembelahan meiosis juga disebut pembelahan reduksi karena terjadi pengurangan jumlah kromosom diploid (2n) menjadi haploid (n) pembelahan meiosis terjadi pada sel penghasil gamet seperti organ kelamin jantan dan betina.

Tahapan –tahapan pembelahan meiosis

Pembelahan meiosis sendiri terbagi ke dalam 2 tahap , yaitu meiosis I dan meiosis II , pada meiosis I terjadi reduksi (pengurangan) jumlah kromosom , sedangkan pada kromosom II terjadi proses sama dengan pembelahan mitosis.

  • Meiosis I

Meiosis I terdiri dari 4 tahap , yaitu profase I , metaphase I , anaphase I , dan telofase I .

Profase I : tahap profase I pada pembelahan meiosis memiliki waktu yang lebih lama dan lebih kompleks dibandingkan degan tahap profase pada pembelahan mitosis , tahapan profase I terdiri dari beberapa tahapan :

Leptonema: yaitu tahapan terjadinya penggandaan kromosom menjadi kromatid kembar (sister chromatids) singkatnya pada tahapan ini terlihat benang-benang halus di bagian inti sel dan mulai membentuk kromosom.

Zigonema : Yaitu tahapan terjadinya tiap kromosom homolog berpasangan membentuk struktur bivalen yang dinamakan sinapsis , setiap penggandaan menjadi dua kromatid kembar dimana tiap bivalen terdapat empat kromatid kembar , lebih singkatnya pada tahapan ini terjadi , pembentukan kembaran kromosom , kromosom homolog yang berpasangan disebut bivalen sedangkan peristiwa berpasangannya antarkromosom disebut sinapsis .

Pakinema : tahapan terjadinya penampakan visual pertama kalinya struktur tektrad .

Diakinesis : singkatnya pada tahapan ini terjadinya perpindahan kiasma bergeser ke ujung kromosom , mikrotubulus / benang spindel yang keluar dari sentriol semakin memanjang dan menempel pada kinetokor.

Diplonema : pada tahapan ini terjadi yaitu tahapan terjadinya penampakan secara visual tempat terjadinya pindah silang yang disebut kiasma.

Metafase I :  terjadi beberapa tahapan seperti terbentuk benang – benang spindel ,Dinding inti dan nukleosus ( anak initi ) menghilang .

Anafase I : pada tahap ini , kromosom homolog berpisah dan bergerak ke kutub berlawanan tanpa pemisah sentromer.

Telofase : tahapan yang terjadi diantaranya , membrane inti dan anak inti kembali terbentuk , terbentuk nya 2 sel anakan yang haploid (n) , pembentukan membrane plasma untuk memisahkan sel anakan .

  • Meiosis II

Profase II : peristiwa yang terjadi pada tahapan ini diantaranya , pembelahan dua buah sentriol bermigrasi ke kutub yang berlawanan , nukleus hilang , kromosom berubah menjadi kromatid , mikrotubul membentuk spindel dan membran inti.

Metafase II : peristiwa yang terjadi pada tahap ini diantaranya , spindel menghubungkan sentromer dengan kutub pembelahan , kromatid tertarik tertarik ke bidang ekuator .

Anafase II : peristiwa yang terjadi diantaranya , kromatid yang saling berpasangan saling berpisah dan masing – masing kromatid bergerak ke kutub yang saling berlawanan , seluruh isi sel dan benang – benang spindel dari gelendong bertambah panjang.

Telofase II : pada tahap ini , karioteka dan nukleus terbentuk kembali , terbentuk 4 sel baru degan jumlah sel kromosom ½ , benang – benang kromatid yang telah sampai di kutub berubah menjadi benang – benang kromatin.

Nah itu saja untuk artikel kali ini semoga bisa membantu , jangan lupa share , sekian dan terimakasih .

Updated: Maret 21, 2019 — 11:03 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018