Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan SekunderKebutuhan sekunder adalah salah satu jenis kebutuhan manusia yang diperlukan atau bisa dipenuhi jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi dan terlaksana dengan baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua manusia tentunya selalu memiliki kebutuhan sekunder, setelah kebutuhan pokok itu terpenuhi. Pun kalau belum terpenuhi atau terlaksana, umumnya manusia sudah merancang apa saja kebutuhan sekunder yang sedang dibutuhkan.

Dengan penjelasan di atas, maka dapat dikatakan bahwa kebutuhan sekunder ini sifatnya tidak terlalu mendesak yang mana pemenuhan kebutuhannya dapat ditunda. Kebutuhan ini bisa kita penuhi, jika kebutuhan primer sudah terpenuhi dengan baik.

Kebutuhan sekunder bersifat tidak mendesak karena tidak terlalu mengancam kelangsungan hidup seseorang. Dengan begitu, kebutuhan ini bisa ditunda kapan saja untuk pemenuhannya. Tidak harus sekarang, tapi lebih cepat lebih baik. Itulah kebutuhan sekunder yang mana bisa dipenuhi, tetapi tidak paling utama. Karena yang paling utama adalah kebutuhan primer yang harus segera dipenuhi dan dilaksanakan.

Walaupun begitu, kebutuhan sekunder jika bisa dipenuhi, maka harus dipenuhi karena kebutuhan sekunder jika dipenuhi maka dapat menguntungkan manusia dalam kelangsungan hidupnya. Jika kita bisa memenuhi kebeutuhan sekunder, maka bisa dikatakan bahwa kita dapat tuntas dalam memenuhi kebutuhan primer.

Selain itu, kebutuhan sekunder ini bersifat sebagai pelengkap dari kebutuhan primer. Ibarat kata memakan makanan 4 sehat, jika ingin sempurna, maka harus ditambah susu agar menjadi 4 sehat 5 sempurna. Sama seperti halnya pada kebutuhan manusia, di mana 4 sehat ini merupakan kebutuhan primer, sedangkan pelengkapnya atau penyempurnanya adalah kebutuhan sekunder.

Dengan kita mengerti dan memahami apa kebutuhan sekunder, maka kita bisa menjalankan hidup dengan baik dan lebih sempurna. Karena kita bisa memilah-milah, kebutuhan apa saja yang harus segera dipenuhi dan kebutuhan apa saja yang masih bisa ditunda. Dengan begitu, kita bisa menjalankan hidup dengan baik dan sempurna.

Faktor Kebutuhan Sekunder

Setiap manusia tentunya memiliki keinginan, rasa, dan ambisi dalam menggapai sesuatu. Di mana keinginan tersebut terhalang hingga menjadi suatu ambisi di dalam diri manusia. Ketika ambisi tersebut telah terpeneuhi maka akan timbul perasaan yang lega dan puas.

Perlu diketahui bahwa keinginan, ambisi, dan rasa ingin yang menghalangi inilah yang akan menjadi kebutuhan sekunder manusia.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa kebutuhan sekunder ini sebagai keinginan manusia yang mana bisa dipenuhi setelah kebutuhan primernya sudah terpenuhi.

Jika kebutuhan sekunder ini telah terpenuhi, maka kita akan merasa lega dan puas karena kita bisa memenuhi keinginan kita yang sudah menjadi kebutuhan sekunder.

Updated: Februari 5, 2019 — 3:10 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018