Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Fantasi

Pengertian dan Contoh Teks Cerita Fantasi – Ada yang pernah baca cerita – cerita fantasi atau fiksi ? misalnya seperti pinokio, roro jonggrang, dragonball, harry potter dan yang lainnya ?

kalo udah pernah jadi pasti kamu tau apa yang dimaksud dengan cerita fantasi itu dong yaa, oke kalo begitu kami akan memberi tahu buat kam yang belum mengetahui pengertian tentang cerita fantasi disertai dengan contohnya pada bagian akhir article ini.

Menurut KBBI, fantasi adalah gamabr (bayangan) dalam angan – angan atau yang biasa kita sebut sebagai khayalan, kemudian Yanto Subiyanto (1980) menyatakan bahwa fantasi merupakan sebuah kemampuan dalam membentuk tanggapan – tanggapan ataupn sebuah bayangan yang baru.

Pengertian tersebut dikembangkan oleh Julianto Simanjuntak (2007) yang berpendapat bahwa fantasi adalah sebuah kemampuan dari fungsi jiwa dalam psikologi yang dapat membentuk suatu tanggapan baru dengan pertolongan tanggapan yang lama. Adapun lebih baik kita memahami terlebih dahulu hal apa saja yang dapat mempengaruhi fantasi seseorang, yaitu adalah :

  • Terdapat suatu perasaan atau keinginan tentang masa depan
  • Terdapat waktu yang lebih sehingga digunakan untuk berkhayal
  • Terdapat rasa tidak percaya diri terhadap sesuatu yang diinginkannya

Nah, seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki fantasinya tersendiri yang kemungkinan besar fantasi dari satu individu dan fantasi dari individu lainnya tidak akan sama, hal ini dikarenakan setiap orang memiliki daya khayal dan juga keinginan yang berbeda.

Sedangkan cerita menurut KBBI adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya), sehingga dapat kita simpulkan bahwa cerita fantasi adalah bahan tertulis yang berbentuk tulisan atau karangan untuk menggambarkan, menuturkan, atau membayangkan berbagai pengalaman, perbuataan, dan kejadian berupa khayalan, imajinasi, angan – angan atau hanya rekaan belaka.

Maka dari itu cerita fantasi memiliki sebuah syarat, yaitu sang penulis harus memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi dan focus dalam mengembangkan jiwa fantasi dari penulis tersebut, oke sekarang saatnya untuk memberikan sebuah contoh dengan satu cerita fantasi yang sederhana dan singakat, silahkan untuk disimak sebagai berikut :

 Sepasang Saudara Penyihir

Di Sebuah desa yang damai, hiduplah dua saudara kembar yang memiliki kekuatan sihir, mereka dikenal dengan nama Niko dan Arko.

Meskipun merupakan saudara kembar, namun watak keduanya sangat berbeda drastis, dimana Niko sangat sombong dan angkuh sedangkan Arko merupakan anak yang baik hati. Niko memiliki keistimewaan yaitu menguasai sihir lebih baik sehingga dengan sombongnya dia selalu memamerkan kemampuannya.

Arko merupakan kakak dari Niko, dan Arko selalu melarang adiknya untuk memamerkan kekuatannya kepada teman – temannya atau menggunakan sihir dengan semabrangan, akan tetapi Niko selalu mengelak dan menagtakan bahwa Arko iri dengan kemampuan sihir Niko dan sikap Niko pun semakin menjadi – jadi, dimana dia mengubah semua benda di sekelilingnya menjadi batu, termasuk hewan ternak miliki keluarganya.

Arko terus saja menasihati adiknya , namun tetao saja Niko keras kepada dan angkuh, merasa bahwa dirinya yang paling kuat dan hebat sehingga seluruh benda di dalam rumahnya diubah menjadi batu, namun ada satu benda yang belum diubahnya, yaitu adalah cermin, maka dari itu Niko membaca mantera kemudian berniat untuk mengubah cermin menjadi batu namun ternyata mantera tersebut berbalik arah karena terpantul dari cermin.

Niko akhirnya berubah menjadi batu, melihat hal tersebut Arko sebagai saudara kembarnyapun memberitahukan sang guru sihir dan kemudian meminta bantuannya untuk dapat membebaskan Niko dari sihir yang disebabkan oleh dirinya sendiri, namun guru shir tidak dapat membantu karena mantera itu bersifat abadi dan hanya bisa dipatahkan oleh orang yang telah membacakan mantera sihir tersebut, yaitu Niko itu sendiri.

Yap mungkin sekian artikel mengenai pengertian dan contoh dari cerita fiksi, semoga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun lingkungannya, dan satu hal lagi, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia masih kekurangan pemuda yang memiliki cerita fiksi berkelas seperti upin dan ipin maupun yang lainnya, maka dari itu, bidang ini menjadi kesempatan emas bagi para pemuda yang ingin mengembangkan kemampuan diri dalam menulis cerita fiksi. Terimakasih atas waktu membacanya.

Updated: Februari 8, 2019 — 3:37 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018