Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)

Klasifikasi Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji) – Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dibagi menjadi dua jenis yatu Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Gymnospermae (Tumbuhan biji terbuka)

Adalah tumbuhan berbiji yang tidak mempunyai bunga yang sesungguhnya atau yang asli, dengan biji yang tidak terbungkus di daun buah. Biji berbentuk kerucut yang disebut dengan strobilus dan berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. strobilus terbagi lagi menjadi 2, yaitu strobilus jantan dan strobilus betina. Gymnospermae sendiri telah terbagai menjadi 4 kelas yaitu :

  • Coniferae, contoh : Agathis alba (damar)
  • Gnetinae, contoh : Ginkgo biloba
  • Cyadinae, Contoh : Cycas rumphii (pakis haji)

Angiospermae (Tumbuhan biji Tertutup)

Adalah tumbuhan berbiji yang memiliki bunga sejati sebagi alat reproduksi. Bakal biji Angiospermae diselubungi daun buah atau disebut dengan daging buahnya. Bunga-bunga pada angiospermae ada yang lengkap juga ada yang tidak lengkap. Bunga lengkap bila memiliki mahkota bunga, putik, kelopak bunga, dan benang sari.

Biji Angiospermae terbungkus di dalam bakal buah. Setelah terjadinya suatu pembuahan, biji berkembang sehingga mengandung kandungan lembaga (embrio) dan endosperma (cadangan makanan). Angiospermae kemudian terbagai menjadi dua kelas, yakni :

  • Kelas Monocotyledoneae, berbiji tunggal yaitu hanya mempunyai satu daun lembaga, dengan ciri berakar serabut, batang yang sama besar dan tidak bercabang. Struktur daun tunggal biasanya berpelepah, bunga berkelipatan tiga (trimer), akar dan batang tidak berkambium, xilem dan floem tersebar, dan bertulang sejajar, Contohnya terlihat jelas pada : Zea mays (jagung), dan Cocos nucifera (kelapa).pada Oryza sativa ( padi),
  • Kelas Dicotyledoneae, adalah tanaman berupa perdu, sema, herba, ataupun pohon dengan ciri berkeping dua yaitu mempunyai dua daun lembaga, bercabang, akar tunggang, batang kerucut panjang, dan berkambium. Daun tunggal atau majemuk, pada umumnya tidak berpelepah, tulang daun menyirip atau menjari, dengan bunga kelipatan dua, empat, atau lima. Bisa mengalami pertumbuhan sekunder (yaitu pertumbuhan melebar). contohnya bisa terlihat jelas pada Manihot utillisima (Ketela pohon), Psidium guajava (jambu biji), dan Mangifera indica (mangga).

Itulah ulasan lengkap tentang Klasifikasi Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta). Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca. Salam..

Updated: Januari 15, 2019 — 4:34 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018