Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk – Belajar ilmu biologi memang sangat menghibur. Dengannya, ada semacam hasrat tersendiri untuk melakukan penelitian secara detil. Terutama yang berhubungan dengan pelajaran klasifikasi dan morfologi tanaman.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman jeruk. Tanaman buah yang saat ini sudah dibudidayakan secara signifikan oleh petani buah di Indonesia.

Klasifikasi Tanaman Jeruk

Klasifikasi Jeruk merupakan jenis buah yang memiliki rasa manis dan mengandung banyak air. Karenanya buah jeruk bisa dijadikan olahan tertentu atau bisa juga disantap langsung jika buah dirasa sudah matang.

Buah jeruk mengandung banyak mineral. Selain itu, di dalam buah ini juga terdapat vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan antioksidan tubuh. Maka dari itu, buah ini bagus untuk kesehatan termasuk melindungi mulut dari sariawan dan glositis.

Buah jeruk memiliki berbagai macam keluarga (spesies). Uniknya diantara keluarga jeruk terdapat aneka perbedaan yang mencolok baik dari segi bentuk buah maupun rasa. Sedangkan spesies jeruk yang rasanya sangat manis biasanya tumbuh di iklim tropis.

Morfologi Tanaman Jeruk

Akar

Ada tiga akar pada tanaman jeruk yaitu akar tunggang, akar serabut dan akar rambut. Akar tunggang bisa tumbuh sepanjang 4 meter jika berjumpa dengan tanah yang tidak kering. Namun jika akar menemukan tanah yang bertekstur kering, akar akan patah.

Batang

Tanaman jeruk memiliki batang berbentuk bulat disertai dengan tumbuhnya mata tunas.  Jenis batang diantara spesies tanaman jeruk ada yang berbeda. Ada batang yang kasar bahkan berduri, tetapi ada juga yang halus dan polos.

Selain itu, ukuran tinggi batang bermacam-macam. Ada yang tingginya berukuran 15 meter dan ada yang berukuran 5 meter saja.

Daun

Tanaman jeruk memiliki daun berbentuk seperti telur yaitu bulat oval. Sedangkan warnanya hijau tua dengan tekstur daun yang cukup tebal.

Tulang sirip daun beraturan dan padat. Namun dari beberapa penelitian ternyata juga ada bentuk tulang daun jeruk yang bersilang.

Bunga

Bunga yang terdapat pada tanaman jeruk adalah bunga majemuk. Warnanya putih pucat dengan satu kuntum yang berisi dua kelamin plus hemafrodit. Biasanya bunga jeruk mengeluarkan aroma yang wangi. Karena di dalamnya di penuhi dengan nektar madu.

Buah

Buah jeruk berbentuk oval dan ada yang bulat lonjong. Sedangkan kulit buahnya tebal dan cukup liat.  Warna buah disesuaikan dengan spesies yang ditanam. Ada yang berwarna kuning pekat, hijau dan ada yang kuning kemerahan.

Biji

Biji buah jeruk terdapat di dalam buah dengan jumlah sesuai bibit dari buah yang bersangkutan. Warnanya putih, berbentuk oval dan terlihat runcing di bagian atasnya.

Updated: April 9, 2019 — 4:51 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018