Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Hias Melati

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Hias Melati – Tanaman Melati merupakan salah satu tanaman yang cukup populer dan sering digunakan untuk banyak kegiatan seperti pernikahan, tradisi adat istiadat dan lain sebagainya. Bunga yang dijuluku sebagai “Puspa Bangsa” dan menjadi salah satu simbol nasional di Negara kita ini memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan, Antara lain : Mengobati demam, sakit kepala, sesak napas dan yang paling populer adalah penggunaan tanaman melati sebagai salah satu media perawatan tubuh khususnya untuk kecantikan.

Tapi sebenarnya bagaimana sih Klasifikasi dan Morfologi dari tanaman hias yang satu ini? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Klasifikasi Tanaman Hias Melati

Adapun klasifikasi dari tanaman hias melati adalah sebagai berikut:

1. Kingdom Plantae (Tumbuhan)
2. Sub Kingdom Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
3. Super Divisi Spermarophyta (Tumbuhan Berbiji)
4. Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
5. Kelas Magnoliopsida (Tumbuhan Dikotil)
6. Sub Kelas Asteridae
7. Ordo Scrophulariales
8. Famili Oleaceae
9. Genus Jasminum L.
10. Species Jasminum Sambac (L.) Aiton

Morfologi Tanaman Hias Melati

  • Morfologi Akar

Pada bagian akar tanaman melati memiliki sistem perakaran yang bercabang dan akar tunggang. Cabang dari tanaman hias melati menyebar ke segala arah sampai menembus kedalaman 40-80 cm dari akar yang berada di permukaan tanah. Akar-akar inilah yang menjadi cikal bakal tanaman baru atau tunas dari tanaman melati.

  • Morfologi Batang

tanaman Melati dapat digolongkan sebagai tanaman perdu dengan ketinggian kurang dari 5 meter. Pada batang tanaman tersebut terdapat bulu-bulu halus di sekitarnya.

  • Morfologi Daun

Berbentuk oval dan memiliki panjang sekitar 2-10 cm serta lebarnya sekitar 1,5-6cm. Permukaan daun dari tanaman hias melati terlihat cerah dan bening.

  • Morfologi Bunga

Bunganya berwarna putih dan beraroma harum. Bunga Melati memiliki banyak mahkota sebanyak tujuh yang berlapis-lapis berbentuk datar, namun pada bunga ini tidak dapat ditemukan kelopak bunga.

Demikianlah pembahasan mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Melati. Apakah anda salah satu orang yang memiliki tanaman hias tersebut di kebun anda?

Updated: Februari 3, 2019 — 4:39 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018