Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ganyong

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ganyong – Ganyong atau disebut Canna edulis Kerr dalam bahasa ilmiahnya berasal dari daerah Amerika Selatan. Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat, tanaman ini bisa dimakan atau dijadikan tepung.

Selain menjadi sumber pangan yang potensial potensial tanaman gayong ini memiliki kandungan karbohidrat dan gizi tinggi.Di Indonesia tanaman ini banyak ditemukan baik secara liar ataupun  di budidaya.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Jahe

Klasifikasi Tanaman Ganyong

  • Kingdom         : Plantae
  • Sub Kingdom  : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : streptophyta
  • Super Divisi    : Embryophyta
  • Divisi               : Spermatophyte
  • Sub divisi       :  Angiosperrnae
  • Kelas               : Monocotyledone
  • Bangsa            : Zingiberales
  • Suku                : Cannanneae
  • Marga              : Canna
  • Jenis                : Canna edulis Ker.

Morfologi Tanaman Ganyong

  1. Batang Ganyong

Batang tanaman ganyong memiliki tinggi 0,9 – 1,8 meter dan mencapai 3 meter bila di ukur mengikuti batang. Panjang batang yang diukur di sini mulai dari ujung tanaman hingga rhizoma atau juga disebut umbi. Batang yang terdapat  diatas permukaan tanah yang sebenarnya adalah batang yang semu terdiri dari pelepah daun.

  1. Daun Ganyong

Daun dari tanaman ganyong memiliki bentuk elips memanjang serta lebar. Untuk bagian pangkal dan ujung daun agak meruncing. Untuk panjangnya daun ganyong memiliki panjang 15-60 cm, sedangkan lebarnya sekitar 7-20 cm. Di bagian tengah daun memiliki tulang daun yang tebal. Warna dari daun ganyong ber aneka jenis hijau tua, hijau muda memiliki garis bewarna ungu atau ada juga yang keseluruhan berwarna ungu.

  1. Bunga ganyong

Bunga dari tanaman ganyong berwarna jingga dan pangkalnya berwarna kekuningan. Bunganya memiliki 3 helai kelopak. Bunga ganyong ini sangat mirip dengan bunga tasbih, tapi ukurannya lebih kecil. Letak perbungaanya ada di ujung ranting, tandan, biasanya sangat sederhana tapi kadang bercabang. Bunga ini munculnya biasanya tunggal atau berpasangan dan tidak teratur. Bunga biseksual, kelopaknya berbentuk bulat telur, sedangkan mahkotanya berbentuk pita dengan warna merah pucat. Bibir bunga memiliki bentuk lonjong atau bulat telur sempit, memiliki bintik kunig dan merah.

  1. Buah Ganyong

Buah ganyong memiliki panjang kurang lebih 3cm. Memiliki bentuk kotak dan beruang tiga, dan masing-masing ruang itu memilki 5butir biji yang berukuran kecil dan berwarna hitam.

  1. Umbi Ganyong

Ganyong memiliki umbi yang besar dengan diameter antara 5-8.75 cm dan panjangnya 10-15cm , bahkan bisa mencapai 60cm. Bagian tengah umbi ganyong tebal dan dikelilingi berkas sisik yang memiliki warna ungu.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Kedelai Organik

Updated: Maret 3, 2019 — 4:11 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018