Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Jenis-jenis Cacat Mata dan Penyembuhannya

Jenis-jenis Cacat Mata dan Penyembuhannya – Siapakah diantara kalian yang mengenakan Kacamata atau Kontak Lensa? Apakah memakai kacamata plus, minus ataukah silinder?

Jenis-jenis Cacat Mata dan Penyembuhannya

Jenis-jenis Cacat Mata dan Penyembuhannya

Kacamata atau Kontak Lensa yang digunakan adalah karena ketidak mampuan mata kalian untuk melihat sesuatu objek dengan baik. Maka, dengan kontak lensa dan kacamata, daya akomodasi mata yang tidak normal akan menjadi terlihat dengan baik jika menggunakannya. Sebenarnya, cacat pada mata memiliki beberapa jenis nya, apa sajakah itu?

  • Rabun Jauh (Miopi)

Miopi atau rabun jauh adalah cacat mata dimana ketidakmampuan penderita tersebut untuk melihat benda-benda yang letak nya berada jauh, dengan jelas.

Titik jauh penderita miopi atau punctum remotum = pr penderita miopi lebih lebih dekat dari titik jauh mata normal dan titik dekat atau punctum proximum = pp penderita miopi adalah kurang lebih 25cm. Penderita rabun jauh biasanya dibantu dengan kacamata berlensa cekung (minus). Karena pada lensa cekung dapat membantu bayangan jatuh tepat pada retina.

Penyebab dari penderita rabun jauh atau miopi dikarena kan adanya kerusakan refraktif pada mata. Pada rabun jauh ini cahaya yang masuk hanya terpusat pada bagian retina saja. Maka dari itu, pandangan atau penglihatan penderita menjadi kabur.

  • Rabun Dekat (Hipermetropi)

Rabun dekat atau hipermetropi adalah cacat mata dimana penderita nya akan mengalami kesulitan dalam melihat benda yang letak nya dekat. Titik dekat atau punctum proximum = pp pada penderita rabun dekat lebih jauh dari titik dekat mata yang normal. Biasanya, rabun dekat dianggap memiliki hubungan dengan pembiasaan.

Penyebab dari rabun dekat adalah tidak terfokus nya cahaya yang masuk ke mata pada retina dan malah jatuh tepat di belakang nya. Kurang melengkung atau terlalu datar nya kornea mata, juga dapat dapat menjadi penyebab nya.

Pengobata pada penderita rabun dekat, adalah dengan penggunaan kacamata berlensa cembung. Operasi laser yang digunakan agar lengkungan kornea dapat meningkat dan supaya cahaya dapat masuk lebih fokus pada retina.

  • Mata Tua (Presbiopi)

Mata Tua atau Presbiopi adalah dimana ketidak mampuan penderita untuk melihat benda yang letak nya jauh maupun dekat. Titik dekat atau punctum proximum = pp penderita lebih jauh daripada titik dekat pada mata normal dan titik jauh atau punctum remotum atau pr penderita lebih dekat daripada titik jauh mata normal.

            Penyebab dari penderita Presbiopi atau Mata Tua di karena kan,

  • faktor genetik dan lingkungan.
  • Terjadi nya penebalan pada lensa alami dan juga kehilangan fleksibilitas nya.
  • Faktor pertambahan usia.
  • Perubahan protein pada lensa mata.
  • Mengidap diabetes kardiovaskular, anemia, multiple sclerosis, hyperopia, serta trauma pada mata.

Pengobatan pada penderita presbiopi dengan penggunaan kacamata korektif dan pola hidup yang baik pada penderita nya.

  • Astigmatisma

Astigmatisma adalah cacat mata di mana penderita nya tidak dapat membedakan garis mendatar dan tegak secara bersamaan. Di karena kan ketika cahaya yang masuk ke mata tidak berpusat dengan sempurna karena cahaya tidak dapat melengkung pada daerah selaput bening dengan sempurna. Kacamata atau kontak lensa yang digunakan penderita ini adalah kacanata atau kontak lensa berlensa silinder.

Penyebab nya adalah, cacat mata ini muncul sejak penderita masih kecil dan umum nya karena faktor keturunan. Penyebab lainnya adalah karena kebiasaan membaca penderita yang terlalu dekat atau menatap benda terlalu dekat.

Pengobatan nya adalah, jika sudah pada tahap yang parah, operasi adalah jalan terbaik. Operasi laser adalah yang bakal dokter tawarkan tergantung dari keadaan penderitanya, supaya lengkung kornea memperoleh perbaikan.

  • Buta Warna

Buta warna adalah adanya masalah pada mata penderita dalam melihat warna tertentu karena adanya masalah pigmen pada reseptor warna. Jika telah kehilangan salah satu pigmen, akan timbul masalah dalam melihat warna tertentu.

Penyebab nya adalah, Efek samping obat-obat an tertentu, paparan bahan kimia termasuk pupuk dan karbon disulfida dan karena faktor keturunan genetik.

Penyembuhan nya hingga kini, belum ditemukan dan hanya akan bisa mengurangi risiko gejala menjadi lebih parah saja. Perawatannya, biasanya penderita akan memanfaatkan pengobatan alternatif. Atau bisa juga dengan menggunakan penanganan dasar apabila sebab dari buta warna adalah dari gangguan kesehatan maupun pengobatan tertentu.

  • Katarak

Katarak adalah cacat mata karena adanya keruh tepat di bagian lensa mata, sehingga penglihatan penderita menjadi kabur dan penderita tidak merasakan sakit apapun karena penglihatan penderita yang kabur.

Penyebab Katarak adalah, faktor usia dan perubahan protein pada pembentukan lensa.

Pengobatan penyakit ini adalah dengan operasi karena efek nya yang signifikan.

Updated: Maret 19, 2019 — 7:37 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018