Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berburu Wisata Kuliner, Cara Penyajian Cumi Yang Lezat Dan Menarik

Sajian cumi seperti apa sajakah yang akan bunda siapkan untuk keluarga ? Cara pengolahan dan resep cumi mana pun yang akan bunda pilih, dengan penambahan Royco Bumbu Penyedap Serbaguna akan menjadikan sajian buatan bunda semakin lezat.

  1. Tumis

Memasak cumi – cumi tidak boleh terlalu lama agar dagingnya tidak alot. Karena itu, menumis merupakan salah satu metode yang cocok untuk mengolah cumi. Caranya mudah saja, bunda hanya perlu menumisnya hingga cumi berubah warna (putih dan cantik). Hal ini menunjukkan bahwa daging cumi sudah matang.

  1. Bakar

Untuk menghasilkan cita rasa cumi bakar yang lezat dan tidak alot, cumi sebaiknya dipotong – potong berukuran sedang dan diberikan guratan pada kedua sisinya. Bumbui dengan bumbu halus dan kecap manis lalu rendam cumi dalam bumbu selama beberapa saat sehingga bumbu meresap. Ketika dimasak di atas bara api, olesi daging dengan sisa bumbu rendaman.

  1. Diolah bersama tintanya

Dalam kebanyakan resep cumi, pada umumnya tinta cumi dibuang saat dibersihkan. Sebenarnya tinta cumi bisa ditambahkan dalam sajian yang sedang anda masak untuk memberikan rasa gurih yang mantap, misalnya dalam sajian tumis cumi atau pada kuah sup cumi seperti pada sajian sup cumi khas Kota Makassar yang berkuah hitam.

  1. Diisi dengan bahan lain

Cumi utuh bisa diisi dengan beragam bahan seperti tahu, kentang, sayuran, telur asin, atau daging ayam. Isian yang telah dibumbui tersebut tinggal dimasukkan ke dalam cumi yang telah dibersihkan, lalu cumi disemat dengan memakai tusuk gigi. Cumi isi dapat diolah lebih lanjut dengan digoreng, dipanggang atau dikukus.

  1. Dalam hidangan berkuah

Cumi juga bisa disajikan dalam beragam resep makanan berkuah seperti sup atau dalam hidangan berkuah santan seperti gulai. Saat disajikan berupa sup, cumi biasanya dipotong – potong terlebih dulu. Tapi dalam hidangan gulai, cumi bisa disajikan dalam keadaan utuh.  Masukkan cumi pada tahap akhir proses anda memasak untuk memastikan teksturnya tidak menjadi alot.

Tips Memasak Cumi Agar Empuk Dan Lezat

Cumi – cumi merupakan salah satu bahan makanan dari laut yang cukup populer di Indonesia dan negara – negara di Asia. Ada banyak olahan yang bisa anda buat dari cumi. Misalnya cumi goreng tepung, cumi saos Padang, cumi saus tiram, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengolah daging cumi agar bercita rasa nikmat ternyata susah – susah gampang, karena jika tidak tepat cara memasaknya, justru dagingnya akan alot. Kondisi ini disebabkan karena tingginya kandungan protein yang ada dalam daging cumi, sehingga saat anda memasaknya akan mudah mengeras. Kerasnya daging cumi ini tentu menyebabkan sulit digigit dan kenikmatan bersantap pun akan menjadi berkurang.

Berikut tips memasak cumi sesuai jenis pengolahannya :

  1. Penumisan

Pastikan kamu sudah menumis bumbu hingga benar-benar matang, baru masukkan potongan cuminya. Tumis sebentar dengan api besar hingga cumi bercampur rata dengan bumbu. Lalu segera angkat dan sajikan. Cobalah tumis cumi hitam ini.

  1. Bakar

Membuat cumi bakar hampir sama dengan memasak ayam ataupun ikan bakar. Setelah cumi direndam beberapa saat dalam bumbu, kamu dapat langsung membakarnya di atas panggangan. Kemudian olesi cumi kembali dengan bumbunya dan bakar hingga matang. Jangan lupa lakukan langkah yang sama untuk sisi cumi sebaliknya. Sajian cumi bakar lezat pun siap dihidangkan. Kamu juga bisa membuat beberapa keratan di kedua sisi badan cumi agar bumbunya lebih meresap. Selain itu penampilannya pun akan lebih cantik karena badan cumi akan merekah ketika matang.

  1. Goreng

Untuk menggorengnya, anda harus gunakan minyak yang banyak (deep frying) agar seluruh bagian daging cumi terendam sempurna. Masukkan cumi ke dalam wajan penggorengan dengan kondisi minyak sudah benar – benar panas untuk menghindari cumi digoreng terlalu lama. Masukkan satu persatu cumi yang telah berbalut tepung bumbu agar tidak saling menempel satu dengan yang lainnya. Jangan terlalu banyak menggoreng wajan dengan cumi, sisakan ruang diantaranya agar cumi – cumi yang dihasilkan bisa krispi. Goreng hingga kering dan bagian luarnya berwarna kuning kecoklatan.

  1. Sup

Dalam membuat sajian sup dari cumi, disarankan untuk memisahkan cumi dari bahan lainnya. Hal pertama yang harus anda lakukan ialah menumis bumbu sup hingga matang, kemudian masukkan air dan bahan lainnya, seperti sayuran. Masak hingga matang. Jika sudah mendidih atau 1 – 3 menit sebelum sup diangkat, masukkan daging cumi ke dalam rebusan sup tersebut. Kemudian tunggu sampai mendidih kembali setelah diaduk – aduk dan sup siap diangkat.

Jadi, kunci utama agar daging cumi anda tidak keras atau alot yaitu perhatikan waktu memasaknya. Ditumis, dibakar, dibuat sup ataupun digoreng, apabila proses pemasakannya sudah benar, maka cita rasanya pasti lezat dan empuk.

Baca Juga : Jenis Silogisme

Updated: Mei 15, 2019 — 3:35 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018