Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bagaimana Posisi Membaca Terbaik

Bagaimana Posisi Membaca Terbaik – Apakah anda hobi membaca ? Meskipun demikian ada banyak orang yang memiliki hobi ini tetapi tidak memiliki waktu luang untuk membaca buku – buku tersebut. Salah satu penyebab kenapa tumpukan buku – buku baru belum sempat dibaca adalah karena terbatasnya waktu. Anda begitu semangat di awal saat membeli buku namun setelah lewat satu atau dua bulan anda masih belum bisa menghabiskannya sampai halaman terakhir.

Tentunya anda semua ingin memaksimalkan waktu seefisien mungkin dengan rajin membaca buku, namun kadang – kadang rasa kantuk membuat anda malas melanjutkannya, bagaimana cara mengatasinya ? Mungkin sedikit tips di bawah ini bisa membantu anda.

1. Temukan Tempat Yang Nyaman Dan Minim Gangguan

Pilihlah tempat yang diyakini bisa membuat anda merasa nyaman dan bisa konsentrasi saat membaca. Jika menurut anda membaca di kamar atau di ruang keluarga kurang kondusif, mungkin sebaiknya segera putuskan untuk membaca di tempat lain saja. Banyak orang yang memiliki niat besar untuk menghabiskan beberapa halaman buku baru namun kadang – kadang tidak tercapai. Dorongan untuk melakukan hal tersebut terhalang seperti keinginan menonton TV atau mengecek notifikasi social media, keluarga yang tiba – tiba mengajak anda berbicara serius, atau ramainya kondisi rumah membuat anda susah fokus untuk membaca.

Baca Juga : Pengertian Buetooth

Jika setelahnya anda masih saja susah fokus mengatasi gangguan tersebut maka anda perlu menyediakan waktu dan tempat khusus agar bisa membaca buku hingga tuntas. Sebagian orang memilih waktu yang tepat buat membaca setelah pulang kantor, sebelum pulang menyempatkan upgrade ilmu baru dan berjelajah di dunia maya. Jika tidak melakukannya di kantor, mungkin anda bisa membeli minuman di sebuah kafe yang berada pada jalur satu arah dengan perjalanan pulang, duduklah dan alokasikan waktu sekitar satu jam di tempat yang nyaman menurut anda.

2. Pastikan Kursi Dan Meja Anda Tingginya Proporsional

Meskipun pada beberapa orang membaca dengan duduk di kursi dan meja belajar adalah cara membaca yang efektif, tapi bukan berarti setiap meja dan kursi sudah memiliki ukuran yang ideal. Pastikan tinggi antara meja dan kursi di ruang belajar atau pun ruang makan adalah proporsional sehingga tidak membuat tubuh mudah pegal – pegal. Proporsional yang dimaksud adalah tinggi antara meja dan kursi nyaman untuk membaca. Selain itu, duduk pada kursi yang memiliki tinggi kurang proporsional akan menyebabkan anda tidak akan bertahan lama untuk membaca karena bawaannya ingin segera selesai dan menutup buku yang dibaca meskipun belum selesai.

3. Kondisi Rileks Namun Siaga

Buat kondisi tubuh dan pikiran menjadi rileks dalam membaca buku maka bisa membantu proses penyerapan informasi menjadi bermanfaat. Membaca tidak seharusnya dijadikan sebagai sebuah kegiatan yang menegangkan dan menguras banyak energi. Lakukan dengan santai, pejamkan mata anda sebelum membaca sebuah buku. Visualisasikan tempat yang nyaman dan hindari terbebani untuk selalu berkonsentrasi penuh dalam membaca. Biarkan pikiran hanyut dalam bacaan karena konsentrasi tidak akan pernaah muncul jika anda terlalu memaksanya untuk keluar. Nikmati apa yang sedang anda baca dengan posisi siaga. Hindari membaca dengan kepala yang disandarkan karena akan membuat anda kelewat rileks. Ini adalah penyebab proses membaca menjadi tidak bertahan lama karena rasa kantuk yang suka menyerang. Untuk kelompok pelajar yang diharuskan membaca buku berbobot setiap hari dan menguras pikiran, wajar saja kadang – kadang anda merasa kantuk di tengah proses belajar tersebut, hal ini bisa ditoleransi dengan memejamkan mata dan biarkan pikiran anda istirahat sejenak. Cukup 5 – 10 menit untuk menghilangkan rasa kantuk dan kepala sudah tidak lagi terasa berat, barulah lanjutkan proses membaca anda.

4. Tidak Ada Anggota Tubuh yang Disilangkan

Meskipun posisi tubuh anda sudah sesuai, menyilangkan anggota badan seperti kaki saat membaca akan berpengaruh buruk terhadap sistem peredaran darah anda. Akibatnya adalah  darah tidak mengalir sempurna dan bisa menimbulkan kesemutan. Tentunya anda tidak hanya ingin posisi membaca yang baik saja, namun juga yang sehat bukan ?

5. Jarak Antara Mata Dan Tulisan

Membaca akan menjadi lambat dan membosankan jika mata anda dalam keadaan lelah. Oleh karena itu perhatikan jarak antara tulisan dengan mata anda. Jarak antara mata dan tulisan haruslah ideal, jangan sampai terlalu dekat sehingga membuat mata anda mudah menjadi lelah atau terlalu jauh sehingga mata anda bisa sakit. Jarak yang berdekatan akan mengurangi bidang pandang dan membuat mata anda bekerja lebih keras. Sedangkan jarak yang terlalu jauh akan membuat tulisan kurang jelas dan terlihat kabur. Idealnya, jarak antara mata dengan bacaan adalah 25 – 30 cm.

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

Updated: Mei 4, 2019 — 7:56 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

My Blog © 2018